21
Jul
12

Tugas Bahasa ke-3

Singgih Pamuji. 13109557

PEMBUATAN APLIKASI KAMUS BAHASA PERANCIS-INDONESIA DAN INDONESIA- PERANCIS UNTUK ANDROID MENGGUNAKAN ECLIPSE DAN ANDROID SDK.

PI. Fakultas Ilmu Komputer. 2012.

Kata kunci : Kamus, Eclipse, Android SDK.

(xii + 71 + Lampiran)

 

 

Pembuatan aplikasi ini didasarkan pada perkembangan teknologi yang semakin meluas dan berkembang pesat. Aplikasi yang dibuat ialah kamus bahasa Perancis-Indonesia dan Indonesia-Perancis yang merupakan aplikasi untuk smartphone android. Aplikasi kamus ini digunakan untuk mempermudah dalam  mempelajari bahasa Perancis. Aplikasi kamus ini terdiri dari kata-kata yang sering keluar pada buku pelajaran bahasa Perancis. Aplikasi ini dibuat dengan menggukanan software Eclips dan Android SDK. Dengan Aplikasi kamus bahasa Perancis-Indonesia dan Indonesia-Perancis, diharapkan agar mempermudah pemahaman dalam proses pembelajaran bahasa Prancis dan mudah dalam mencari kata-kata sukar didalam aplikasi kamus ini.

 

 

 

Daftar Pustaka (2003-2012)

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1.      Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi dewasa ini sudah semakin meluas dan banyak digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya. Perkembangan teknologi tersebut mengakibatkan, sebagian besar masyarakat menjadi tegantung akan kebutuhan teknologi. Untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin  kompleks, dibutuhkan suatu perangkat yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, maka diciptakan komputer.

komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas, antara lain adalah menerima input, memproses input dengan menggunakan program tertentu, menyimpan instruksi instruksi dan hasil dari pengolahan serta
menyediakan output berupa informasi. Dengan adanya perkembangan komputer dari generasi pertama hingga generasi kelima saat ini. Maka sangat memungkinkan untuk para pengembang komputer membuat komputer dalam bentuk yang sederhana.

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks. Maka para pengembang komputer membuat smartphone. Perkembangan smartphone semakin melaju dengan pesat. Termasuk pada fokus pemgembangkan konektivitas internet, mutimedia performance, hingga fitur-fitur seperti Global Positioning System (GPS) dan kamera. Qualcomm sebagai perancang prosesor untuk smartphone juga telah menambahkan aplikasi Augmented Reality yang bisa meningkatkan pengalaman menikmati konten multimedia 3D. Ponsel pintar atau biasa disebut smartphone memiliki kinerja menyerupai personal komputer (PC). Dimana dapat membuka website dengan penuh dan memiliki koneksi yang canggih seperti internet dengan jaringan broadband dan juga WiFi.

Pada perkembangan teknologi smartphone yang paling paling banyak digunakan masyarakat adalah smartphone BlackBerry, Iphone dan Android yang akan terus berkembang. Jika dilihat dari segi kebutuhan, maka masyarakat harus berfokus pada kebutuhan penggunaan smartphone tersebut. Smartphone yang fungsinya hampir serupa dengan personal komputer adalah Android.

 Untuk dapat memenuhi kebutuhan itu, Sekarang telah banyak beredar smartphone dengan harga yang cukup terjangkau terutama yang memiliki sistem operasi Android. Masyarakat dapat memilih perangkat tersebut sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Sebagian besar masyarakat menggunakan perangkat canggih ini untuk saling bersosialisasi. Pengguna perangkat tersebut dapat mengakses media sosial yang telah disediakan.

Sistem operasi Android selalu berkembang dari pertama diperkenalkan hingga kini. Android merupakan sistem operasi yang berasal dari kernel Linux yang diperuntukan untuk smartphone. Sistem operasi android bebas untuk dikembangkan terutama aplikasi-aplikasinya.

Pada dasarnya Belum banyak masyarakat yang mengerti tentang penggunaan perangkat ini dengan baik. Para pengguna hanya memilih dari model dan merek yang terkenal di pasaran. Masyarakat pada umumnya menggunakan perangkat tersebut untuk mengikuti gaya hidup masa kini. Perkembangan smartphone juga sudah merambah ke berbagai bidang. Salah satunya di dalam bidang transportasi smartphone android banyak digunakan, terutama aplikasi GPS yang berfungsi sebagai penunjuk jalan. Banyak masyarakat yang menggunakan aplikasi ini sebagai penunjuk jalan.

Fungsi lainnya dari smartphone berbasis android yaitu, dalam bidang informasi masyarakat dapat mencari informasi-informasi penting dan terbaru di dalam dunia internet. Karena, smartphone android dapat mengakses informasi-informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan praktis. Fungsi smartphone android tidah hanya sebatas itu tapi juga dapat digunakan dalam dunia pendidikan.

Di dalam dunia pendidikan ini, dapat dibuat suatu aplikasi yang dapat membantu kemajuan di bidang pendidikan. Seseorang yang sedang mendalami bahasa asing tidak harus melihat dan mencari kata-kata sukar di dalam buku kamus. Pada smartphone android dapat dibuat suatu aplikasi kamus bahasa  yang dapat membantu dan mempermudah pencarian kata-kata sukar tersebut. Dengan menggunakan smartphone yang memiliki sistem operasi Android, pengguna dapat membuat dan mengembangkan aplikasi dengan bebas. Karena, sistem operasi android merupakan platform tebuka bagi para pengembang. Pengembang aplikasi dapat menciptakan aplikasi mereka sendiri yang dapat digunakan oleh berbagai macam smartphone android.  

Dengan latar belakang masalah seperti di atas maka penulis tertarik untuk mencoba menuangkan ide-ide dan membuat aplikasi kamus dengan judul “PEMBUATAN APLIKASI KAMUS BAHASA PERANCIS-INDONESIA DAN INDONESIA- PERANCIS UNTUK ANDROID MENGGUNAKAN ECLIPSE DAN ANDROID SDK”.

 

1.2.      Batasan Masalah

Dalam penulisan ilmiah ini penulis akan membatasi pembahasan pada proses perancangan dan proses pembuatan aplikasi kamus bahasa Perancis- Indonesia dan Indonesia-Perancis menggunakan eclipse dan Android SDK.

 

1.3.      Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan ilmiah ini untuk mengetahui proses pembuatan aplikasi pada sistem operasi Android. Terutama pembuatan aplikasi kamus bahasa Perancis-Indonesia dan Indonesia-Perancis yang berjalan pada smartphone Android. Aplikasi kamus ini akan mempermudah dalam proses belajar bahasa Perancis.

 

1.4.      Metode Penelitian

            Dalam penulisan ilmiah ini metode yang digunakan adalah :

  1. Kajian Literatur, yaitu dengan membaca buku yang membahas tentang pembuatan aplikasi sistem operasi android, mempelajari tutorial pembuatan aplikasi android dan desain aplikasi yang interaktif.
    1. Studi Lapangan, yaitu melakukan observasi terhadap aplikasi-aplikasi Android yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone Android, berdiskusi dengan pengguna mobile smartphone android, serta mengumpulkan data-data yang terkait dengan pembuatan aplikasi android sebagai penunjang penelitian ilmiah ini.

 

1.5.      Sitematika Penulisan

Dalam pembuatan peulisan ilmiah ini diperlukan suatu sistematika penulisan yang baik dan benar. Adapun sistematika penulisan tersebut telah dikelompokkan dalam empat bab yang terdiri atas :

BAB I             PENDAHULUAN

Berisi mengenai Latar Belakang, Batasan Masalah, Tujuan Penulisan, Metode Penulisan, dan Sistematika Penulisan.

BAB II                        LANDASAN TEORI

Pada bab ini berisi landasan teori dari keseluruhan penulisan yang berisi pembahasan tentang sejarah komputer, Smartphone, Android, Kamus, Eclipse, Andoid SDK, Adobe Photoshop CS2. Dasar teori ini akan berguna sebagai acuan dari pembahasan pada bab-bab selanjutnya.

BAB III          PEMBAHASAN

Pada bab ini akan dijelaskan tentang tata cara pembuatan aplikasi pada mobile smartphone android. Yang dimulai dari desain dan pembuatan database menggunakan SQLite yang telah terintegrasi dengan bahasa pemrograman Android.

BAB IV          PENUTUP

Berisi kesimpulan dari keseluruhan pembahasan Pada bab-bab sebelumnya dan saran-saran yang diperlukan.

BAB II

LANDASAN TEORI

 

 

2.1.      Komputer

Komputer merupakan penemuan manusia yang paling penting. Terutama dalam mempermudah pekerjaan manusia sehari-hari. Komputer adalah peranti yang dapat melakukan perhitungan dengan tepat, melakukan input dan output yang akan menghasilkan suatu informasi yang berguna bagi manusia. menurut Fuori  komputer adalah suatu alat memroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia dalam perkembangannya komputer memilki sejarah yang cukup panjang dan selalu berkembang sesuai dengan kebutuhan manusia.

Sebelum memasuki dekade generasi komputer pertama, tahun 1942 – 1959 Dr. John V. Atanasoff di bantu oleh mahasiswa nya yang bernama Clifford Berry. tahun 1937 – 1942 telah menciptakan komputer elektronik digital yang pertama, komputer digital elektronik ini diberi nama Atanasoff-Berry Computer atau disingkat ABC. Awal tahun 1940-an merupakan tonggak awal perkembangan generasi komputer modern (generasi komputer pertama),  seiring semakin pesatnya perkembangan teknologi komputer pada dekade inilah ribuan komputer telah dibangun dan dikembangkan hingga dapat menghasilkan komputer berkecepatan tinggi yang memanfaatkan media penyimpan dan memori.

 Komputer generasi pertama pada tahun 1940-1959 ditandai dengan ditemukannya tabung hampa udara sebagai alat penguat sinyal. dengan bahan baku terbuat dari kaca sehingga banyak memiliki kelemahan, yaitu mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas sehingga membutuhkan komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin untuk menetralisir. Meskipun demikian komputer generasi pertama telah memiliki kemampuan yang jauh lebih cepat dengan kecepatan alat mekanik. karena mampu menjalankan atau memproses ribuan perintah dalam satu waktu selain itu telah digunakannya media penyimpanan atau storage dan memori inti magnetik berupa gelang-gelang logam yang sangat kecil. Dr. John Mauchly dan Presper Eckert membuat ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) pada tahun 1946, dengan menggunakan 18.800 tabung hampa udara dan bobotnya mencapai 30 ton. ENIAC ini membutuhkan sebuah ruangan yang besar dalam satu unitnya dan butuh daya listrik 174 kilowatts untuk mengoperasikannya.

Komputer generasi kedua pada tahun 1959-1964 komputer dibuat dengan menggunakan transistor dan diode. untuk menggantikan penggunaan tabung vakum yang menjadikan ukuran komputer lebih kecil atau mini komputer. pada generasi kedua ini telah dikenal media penyimpanan memory magnetik dan telah digunakannya bahasa tingkat tinggi. seperti Cobol dan Fortran untuk berinteraksi menggantikan bahasa mesin yang sulit dipahami.

Pada generasi ketiga pada tahun 1964-1960 komputer terkecil mikrokomputer telah muncul dan popular seperti Apple II, IBM PC dan Sinclair.  Dari segi ukuran jauh lebih kecil karena teknologi Chip mulai digunakan untuk menggantikan transistor sebagai program logic komputer. Variannt bahasa pemrograman yang lain pun telah muncul seperti BASIC, Pascal dan PL/1.

Pada generasi keempat Seiring dengan perkembangan teknologi pada tahun 1990. dibuat chip yang dapat digunakan untuk  memproses dan menyimpan memori. maka pemprosesan dapat dilakukan dengan lebih tepat,sampai jutaan bit per detik. kemajuan teknologi chip ini telah mengantarkan sejarah perkembangan komputer naik satu tingkat dengan terciptanya Supercomputer. 

Generasi kelima dalam sejarah perkembangan komputer merupakan komputer impian masa depan di masa itu. Diharapkan bahwa komputer dapat melakukan lebih banyak unit pemprosesan yang berfungsi bersamaan untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu waktu (multi function & multi tasking). Artificial intelligence (kecerdasan buatan) yang sepenuhnya dikendalikan oleh sebuah komputer menjadi prioritas pada generasi ini.

 

 

2.2.      Smartphone

Smartphone atau yang dalam arti bahasa Indonesia adalah telepon pintar.  merupakan alat telekomunikasi yang menggunakan sistem operasi sebagai penggerak aplikasi yang ada dalam telepon tersebut. Memiliki fungsi yang lebih dibandingkan dengan telepon genggam biasa yang sering digunakan. Selain dapat digunakan sebagai alat telekomunikasi, Smartphone juga dapat menjadi alat sosialisasi dalam dunia maya, dapat membuka dokumen yang ada, koneksi yang juga lebih lengkap seperti WiFi, Broadband, dan juga Bluetooth. 

Ponsel pintar pertama yang diperkenalkan adalah IBM Simon. Smartphone ini diciptakan pada tahun 1992 dan dijual ke publik pada 1993. Ponsel ini mempunyai dengan beberapa aplikasi tambahan seperti kalender, address book, world clock, kalkulator, notepad, email client, mengirim dan menerima fax, serta games. Ponsel ini didesain tanpa tombol fisik dan menggunakan layar touchscreen dengan stylus. Setelah kemunculan ponsel pintar IBM Simon, Nokia meluncurkan smartphone pertamanya, yakni Nokia Communicator 9000 yang diluncurkan pada 1996. Communicator ini merupakan kombinasi antara PDA dari HP.  Communicator memiliki desain clamshell yang dilengkapi dengan keyboard QWERTY.Tahun 2000 adalah awal dari penggunaan kata smartphone alias ponsel pintar.

Ericsson R380 Smartphone adalah ponsel pertama yang menggunakan kata tersebut dalam merk dagangnya. smartphone lain memenuhi pasaran. Dari Sony Ericsson P800, Nokia Communicator 9210, BlackBerry, hingga iPhone. Seiring dengan kemajuan smartphone, berbagai jenis OS mobile pun berkembang. Antara lain adalah Symbian dari Nokia, iOS dari Apple, BlackBerry OS dari RIM, Bada dari Samsung dan Android dari google.

Seperti halnya Palm, Windows mobile dan symbian android juga memiliki fungsi yang sama.Pada bulan Oktober 2003 Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White mendirikan perusahaan yang bernama Android Inc. Terletak di di Palo Alto, California, USA. Pada masanya persatuan dari 34 perusahaan yaitu Google Inc membeli Android Inc. Dan merupakan pendatang baru yang bertujuan membuat peranti lunak untuk Handphone. Android merupakan produk dari Android Inc. Android Inc sendiri adalah sebuah perusahaan perangkat lunak kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Yang didirikan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White yang memiliki pengetahuan tinggi dalam IT & CommunicationMenurut Rubin, Android Inc didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemilik. Dengan kata lain, Android Inc, ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti pemiliknya.

 

2.3.      Android

Android merupakan sistem operasi yang diperuntukan untuk smartphone dan perngkat bergerak lainnya. Sistem operasi Android memiliki kemampuan yang sangat baik dalam multitasking atau membuka banyak aplikasi dalam satu waktu. Sistem operasi Android bersifat free atau bebas untuk melakukan modifikasi terhadap aplikasi yang ada dalam Android dan juga dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Dalam perkembangannya sistem operasi Androd selalu mengalami perubahan mengikuti gaya hidup yang sedang berkembang. Perkembangan sistem operasi Android pertamakali diperkenalkan pada  September 2008 adalah android versi 1.0 yang telah terintegrasi dengan google service, web browser yang interaktif, mengunduh aplikasi dari Andrid market, multitasking dan sudah ada WiFi dan bluetooth. Dan untuk perbaikan dirilis Android versi 1.1 pada  February 2009 yang diperkenalkan oleh T-mobile G1. Kemudian tanggal April 2009 Android merilis versi 1.5 yang biasa disebut dengan Cupcake. Yang telah memiliki kamera dengan fitur yang baik, GPS dengan lebih banyak tempat, keyboard pada layar yang interaktif, mengungah video ke youtube dan picassa.

            Pada tanggal September 2009 kembali diluncurkan sistemoperasi android yang bernama Donut dengan versi 1.6. dengan kemampuan kotak pencari dan terintegrasi suara dengan dukungan mesin pencari google, dengan kemampuan multimedia kamera dan gallery dan juga video, indikator batrei dan mendukung jaringan CDMA. Pada tanggal Desember 2009 Android mengeluarkan produk baru yaitu, versi 2.0 dan mengalami perbaikan pada versi 2.2 yang dinamai Eclair. Perubahan pada peningkatan google map, kamera lebih baik dan bluetooth lebih baik.

            Android meluncurkan Froyo pada tanggal Mei 2010  dengan kemampuan yang mendukung Adobe Flash 10.1, Aplikasi yang lima kali lebih cepat, Mempercepat kemampuan rendering pada browser, Pemasangan aplikasi pada SD Card dan update aplikasi dengan otomatis pada android market. Dengan selalu berkembangnya smartphone, perusahaan Android Inc merilis Android Versi 2.3 atau disebut Gingerbread. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

Android Honeycomb dengan versi 3.0 yang dirancang khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menjalankan Honeycomb adalah Motorola Xoom.

Perkembangan sistem operasi android tidak berhenti disitu. Android Inc kembali merilis Ice Cream Sandwich dengan versi 4.0 yang memiliki kelebihan dan perbaikan pada versi 3.0 yang telah ada sebelumnya. Dengan kemampuan diatas versi seblumnya dan merupakan cersi terbaru untuk saat ini.

 

2.4.      Kamus

Kamus merupakan buku yang berfungsi sebagai rujukan kata-kata dan sebagai penerjemah suatu kata. Kata kamus diserap dari bahasa Arab (qamus), dengan bentuk jamaknya qawamis. Kata Arab itu sendiri berasal dari kata Yunani (okeanos) yang berarti ‘lautan’. Sejarah kata itu jelas memperlihatkan makna dasar yang terkandung dalam kata kamus, yaitu wadah pengetahuan, khususnya pengetahuan bahasa, yang tidak terhingga dalam dan luasnya. Dewasa ini kamus merupakan khazanah yang memuat perbendaharaan kata suatu bahasa, yang secara ideal tidak terbatas jumlahnya. Setiap kebudayaan besar di dunia bangga akan kamus bahasanya. Dalam kenyataannya kamus itu tidak hanya menjadi lambang kebanggaan suatu bangsa, tetapi juga mempunyai fungsi dan manfaat praktis.

Dua nama besar yang mengawali penyusunan kamus adalah Samuel Johnson dan Noah Webster. Johnson, ahli bahasa dari Inggris, membuat Dictionary of the English Language pada tahun 1755, yang terdiri atas dua volume. Di Amerika, Webster pertama kali membuat kamus An American Dictionary of the English Language pada tahun 1828, yang juga terdiri atas dua volume. Selanjutnya, pada tahun 1884 diterbitkan Oxford English Dictionary yang terdiri atas 12 volume.

Kamus bisa ditulis dalam satu atau lebih dari satu bahasa. Dengan itu kamus bisa dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Kamus Ekabahasa Kamus ini hanya menggunakan satu bahasa. Kata-kata(entri) yang dijelaskan dan penjelasannya adalah terdiri daripada bahasa yang sama. Kamus ini mempunyai perbedaan yang jelas dengan kamus dwibahasa kerana penyusunan dibuat berasaskan pembuktian data korpus. Ini bermaksud definisi makna ke atas kata-kata adalah berdasarkan makna yang diberikan dalam contoh kalimat yang mengandung kata-kata berhubungan. Contoh bagi kamus ekabahasa ialah Kamus Besar Bahasa Indonesia (di Indonesia) dan Kamus Dewan di (Malaysia).

 

  • Kamus Dwibahasa Kamus ini menggunakan dua bahasa, yakni kata masukan daripada bahasa yang dikamuskan diberi padanan atau pemerian takrifnya dengan menggunakan bahasa yang lain. Contohnya: Kamus Inggris-Indonesia, Kamus Dwibahasa Oxford Fajar (Inggris-Melayu;Melayu-Inggris)

 

 

  • Kamus Aneka bahasa Kamus ini sekurang-kurangnya menggunakan tiga bahasa atau lebih. Misalnya, kata Bahasa Melayu Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin secara serentak. Contoh bagi kamus aneka bahasa ialah Kamus Melayu-Cina-Inggris Pelangi susunan Yuen Boon Chan pada tahun 2004

2.5.      Adobe Photoshop CS2

Adobe photoshop CS2 yang sering disebut Photoshop merupakan program aplikasi unutk membuat, mengolah dan mengedit gambar. Adobe photoshop CS2 merupakan pengembangan dari Adobe Photoshop sebelumnya yang dibuat oleh Adobe System Incorporated. Adobe photoshop merupakan program image editing (pengeditan citra) yang menjadi standar bagi dunia industri pengolahan citra dan penerbitan. Sebuah program image editing adalah program yang digunakan untuk mengolah gambar bitmap (pixel atau elemen gambar) hasil dari kamera digital, gambar atau foto dari hasil scanner (proses menginput gambar dari mesin scan), atau gambar lainnya.

 

2.6.      Eclipse

Eclipse adalah sebuah IDE (Integrated Development Environment) yang bersifat gratis. untuk mengembangkan perangkat lunak dan dapat dijalankan di semua platform (platform-independent). Berikut ini adalah beberapa sifat dari Eclipse :

 

  • Multi-platform: Target sistem operasi Eclipse adalah Microsoft Windows, Linux, Solaris, AIX, HP-UX dan Mac OS X.
  • Mulit-language: Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java, akan tetapi Eclipse mendukung pengembangan aplikasi berbasis bahasa pemrograman lainnya, seperti C/C++, Cobol, Python, Perl, PHP, dan lain sebagainya.
  • Multi-role: Selain sebagai IDE untuk pengembangan aplikasi, Eclipse pun bisa digunakan untuk aktivitas dalam siklus pengembangan perangkat lunak, seperti dokumentasi, test perangkat lunak, pengembangan web, dan lain sebagainya.

Eclipse pada saat ini merupakan salah satu IDE favorit dikarenakan gratis dan open source, yang berarti setiap orang boleh melihat kode pemrograman perangkat lunak ini. Selain itu, kelebihan dari Eclipse yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk dapat dikembangkan oleh pengguna dengan komponen yang dinamakan plug-in.

            Pada masanya Eclipse awalnya dikembangkan oleh perusahaan IBM yang bertujuan untuk menggantikan perangkat lunak IBM Visual Age for Java 4.0.  Produk ini diluncurkan oleh IBM pada November 2001, yang menginvestasikan sebanyak US$ 40 jutauntuk pengembangannya. Semenjak itu konsursium Eclipse Foundation mengambil alih untuk pengembangan Eclipse lebih lanjut dan pengaturan organisasinya.

Sejak versi 3.0, Eclipse pada dasarnya merupakan sebuah kernel, yang mengangkat plug-in. Apa yang dapat digunakan di dalam Eclipse sebenarnya adalah fungsi dari plug-in yang sudah diinstal. Ini merupakan basis dari Eclipse yang dinamakan Rich Client Platform (RCP). Secara standar Eclipse selalu dilengkapi dengan JDT (Java Development Tools), plug-in yang membuat Eclipse kompatibel untuk mengembangkan program Java, dan PDE (Plug-in Development Environment) untuk mengembangkan plug-in baru. Eclipse beserta plug-in-nya diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Java.

Konsep Eclipse adalah IDE yang terbuka (open), mudah diperluas (extensible) untuk apa saja, dan tidak untuk sesuatu yang spesifik. Jadi, Eclipse tidak saja untuk mengembangkan program Java, akan tetapi dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, cukup dengan menginstal plug-in yang dibutuhkan. Apabila ingin mengembangkan program C/C++ terdapat plug-in CDT (C/C++ Development Tools). Selain itu, pengembangan secara visual bukan hal yang tidak mungkin oleh Eclipse, plug-in UML2 tersedia untuk membuat diagram UML. Dengan menggunakan PDE setiap orang bisa membuat plug-in sesuai dengan keinginannya. Salah satu situs yang menawarkan plug-in secara gratis seperti Eclipse downloads by project.

2.7.      Android SDK

Untuk dapat mengembangkan suatu produk aplikasi dengan berbasis sistem operasi Android. maka dibutuhkan Android SDK sebagai tools (alat-alat) yang dibutuhkan untuk menunjang Eclips yang digunakan. Android SDK tersedia secara free (bebas di gunakan dan gratis) dan menunjang berbagai platform (jenis sistem operasi) Android dari versi pertamakali diperkenalkan hingga hari ini. Dengan adanya Android SDK dalam pembuatan projek android dapat dipermudah. Programer developer dapat mengkompile hasil dari projek nya langsung dengan virtual emulator android, yang sudah disediakan dalam tools Android SDK tersebut. Dengan cara tersebut makan developer dapat dengan cepat mengetahui hasil dari program yang dibuatnya berjalan lancar pada platform yang dibuat.

 

2.8.      SQLite Manager

            SQLite Managermerupakan aplikasi tambahan yang dapat di install pada browser Mozila Firefox. Aplikasi ini sangat berguna dalam proses pembuatan database pada aplikasi android. Bukan hanya membuat aplikasi ini juga mampu menampilkan data yang telah dibuat pada program android. Dengan adanya aplikasi ini data yang masuk pada data root yang berada pada Android SDK dapat dilihat. Dengan menggunakan DDMS yang berada pada Android SDK, Database dapat dikeluarkan dan ditampilkan dengan menggunakan SQLite Manager.

 

2.9.      Database SQLite

            Untuk data yang lebih kompleks, database bisa menjanjikan akses yang lebih fleksibel, tiap aplikasi yang menggunakan SQLite memiliki instance database sendiri. yang secara default hanya bisa diakses dari aplikasi itu sendiri. Database ini disimpan di /data/data/nama_paket/databses pada peranti android yang digunakan. Sebuah content provider bisa digunakan untuk menyebarkan informasi database antar aplikasi. Langkah-langkah menggunakannya yaitu

  • Membuat/create database.
  • Membuka/open database.
  • Memasukkan interface untuk dataset.
  • Membuat interface query untuk dataset.
  • Menutup/close database.

 

2.9.1.   Pengenalan SQLite

            SQLite merupakan database open source yang di-embed ke android.

SQLite mendukung fitur database RDMS standar, seperti sintaks SQL, transaksi, dan prepared statement. Walaupun demikian, SQLite hanya membutuhkan sedikit memory saat runtime, yaitu sekitar 250 kByte. SQlite mendukung tipe data sebagai berikut :

  • TEXT yang identik dengan String di Java.
  • INTEGER yang identik dengan long di Java.
  • REAL yang identik dengan double di Java.

 

Semua tipe lain harus dikonversi ke salah satu tipe field ini untuk dikonversi ke database. SQLite sendiri tidak mem validasi apakah tipe yang ditulis ke kolom sesuai dengan tipe data yang didefinisikan. SQLite tersedia di setiap peranti android menggunakan SQLite di android tidak memerlukan setup database atau administrasi tertentu. Tinggal menentukan sql yang akan dipakai untuk bekerja dengan database, maka database sudah siap untuk langsung digunakan.

 

2.9.2.   Arsitektur Android Untuk SQLite

            Paket android databse berisi semua class umum umtuk bekerja dengan database. Android. Database.sqlite berisi class khusus SQlite. Berikut merupakan arsitektur yang digunakan dalam pembuatan database.

  • SQLiteOpenHelper

Berguna untuk membuat dan memperbarui database di dalam aplikasi android. Di sub class ini dapat melakukan override pada method onCreate() untuk membuat database dan onUpgrade() untuk memperbarui database jika ada perubahan skema database. Kedua method ini menerima objek SQLiteDatabase yang mempresentasikan database

  • SQLiteDatabase

Merupakan class dasar untuk bekerja dengan database SQLite di android dan menyediakan method untuk open, query, update, dan close database. SQLite databse menyediakan methhod insert(), updata(). Dan delete() methods. Method execSQL() memungkinkan anda untuk mengeksekusi SQL secara langsung.

 

  • Cursor

Sebuah query selalu menghasilkan objek yang namanya cursor. Cursor ini merepresentasikan hasil query dan biasanya selalu menunjukan satu row dari database. Sehingga android bisa membufer hasilnya secara efisien karena tidak semuanya harus diload kedalam memory.

 

  • ListView, ListActivity, dan SimpleCursorAdapter

Listview merupakan view (widget) yang memudahkan untuk menampilkan daftar elemen. Listactivity adalah activity khusus yang memudahkan penggunaan listview. SimpleCursorAdapter memungkinkan untuk mengeset layout tiap row dari listview. Dapat juga mendefinisikan array nama kolom dan array id view. Dan adapter ini akan memetakan kolom ke view berdasarkan cursor yang dilewatkan padanya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

[1] Edy Winarto ST, M.Eng, dkk, Hacking & Programing Dengan Android SDK

Untuk Advanced, PT Elex  Media Komputindo, Semarang, 2011.  

 

 

[2] Fairus N. H. Mahir Menggunakan Adobe Photoshop 7.0, Ganeca Exact,

Jakarta, 2007.

 

     

[3] Herpinus Simanjuntak, Bahasa Perancis Untuk Pemula, Kesaint Blanc,

Jakarta, 2003

 

 

[4] M. Rizak Wanianse dan Anatoli Francisca. MA, Kamus Perancis Modern,

Apollo, Surabaya, 2007

 

 

[5] Nazruddin Safaat H, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet

PC Berbasis Android, Informatika, Bandung, 2012

 

 

[6] Yudi Effendy, S.S. Tata Bahasa Perancis Praktis Praktis, Kesaint Blanc,

Jakarta, 2007

                                            

 

 

 

 


0 Responses to “Tugas Bahasa ke-3”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: