23
Mar
12

INSTANT MESSAGING

Intenet mengubah cara orang untuk berkomunikasi. Di dalam nya terdapat e-mail yang menjadi bentuk komunikasi yang paling cepat diadopsi oleh manusia. Kurang dari dua dekate silam, hanya segelintir orang yang menggunakan nya. Sekarang, hampir setiap orang menggunakan e-mail untuk berkomunikasi.

Cara Kerja IM
Sebagian besar IM terdiri dari dua komponen: software server dan client. sebagian besar program IM dapar di operasikan melalui web browser, namun kebanyakan membutuhkan instalasi software client di PC. Sementara software server menyimpan direktori pengguna, dan bekerja sebagai perantara lalu-lintas komunikasi. Dengan kata lain setiap karakter pada IM berjalan melalui server.
Server juga memiliki kemampuan untuk menyimpan dan mengirimkan pesan offline, yang dikirimkan kepada pengguna bila tidak sedang tekoneksi pada server IM. Ketika oengguna tesebut login, pesan yang tersimpan untuknya disever akan ditampilkan di jendela client IM. Server biasanya segera menghapus pesan tersebut, setelah dikirim kepada pengguna yang telah online.
Pengguna yang sedang online dapat mengatur opsi statusnya, apakah akan dicatat dalam keadaan aktif pada direktori IM atau tetap dalam keadaan offline, pengguna yang invisible tetap dapat mengirim dan menerima pesan. Pengguna juga biasanya dapat mengatur status lainnya, seperti busy, do not disturb, idle, dan lain-lain.

Transfer File dan Streaming
Berbeda dengan file teks, jenis file lain yang dikirimkan melalui IM (misalnya dokumen, gambar, musik, dan lain-lain) biasanya tidak melalui server. Jadi, kedua pengguna yang akan bertransaksi terkoneksi langsung secara peer-to-peer, dan keduanya harus dalam keadaan online. Bilasalah satu koneksi terputus, proses pengiriman file otomatis dibatalkan, dan harus di ulang dari awal.
Selain pengiriman pesan teks dan file, pengguna juga dapat mengirimkan dan menerima audio dan video streaming. Pengiriman dan penerimaan audio streaming sama dengan proses voice over internet protocl (VoIP). Sedangkan pada pengiriman dan penerimaan vedeo streaming, proses yang terjadi sama dengan videoconference menggunakan webcam.

Keunggulan dan Kelemahan
Kelemahan yang paling nyata dari IM adalah tidak tersimpannya data di server. Setiap data yang telah dikirim , baik data teks file, maupun data streaming, akan segera terhapus dari server. Hanya data teks saja yang dapat disimpan dalam log komputer lokal.
Selain itu pengiriman data non-teks mengharuskan pihak-pihak yang sedang bertransaksi dalam keadaan online. Pengiriman datapun rentan mengalami kegagalan, bila salah satu internet pengguna mengalami gangguan. Gangguan koneksi akan semakin besar bila IM digunakan untuk bertransaksi data dengan banyak pengguna lainnya secara simultan atau lalu-lintas data dalam keadaan sibuk.
Jadi bijak-bijaklah dalam memilih modus komunikasi. Bila ingin mengirim data penting yang ingin didokumentasi, sebaiknya anda menggunakan e-mail dari pada IM. Sebaliknya, bila data yang dikirimkan membutuhkan respon yang cepat, dan tidak perlu didokumentasi , IM tetap jauh lebih unggul dari pada e-mail.

Kata-kata asing digunakan dalam artikel :
Instant messaging yaitu mengirim dan menerima pesan dengan mudah melalui telphone genggam.
software server adalah aplikasi yang digunakan pada komputer pusat atau server
client komputer yang digunakan untuk melakukan pengelolahan data-data yang berpusat di server
Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer
Login adalah suatu proses yang dilakukan seseorang untuk masuk kedalam suatu sistem yang terproteksi
Peer-to-peer adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer
Video Streaming adalah sebuah komunikasi yang dilakukan melalui broadcast akses internet untuk menghasilkan sebuah gambar.

Pendapat :
Menurut saya, dari hasil membaca artikel diatas cukup menarik singkat dan jelas, terdapat istilah asing yang hurufnya miring, untuk memperjelas bagi pembaca umum karena istilah tersebut jarang digunakan. Namun karena berhubungan terhadap teknologi informasi masih banyak istilah asing yang sulit dimengerti bagi pembaca umum.


0 Responses to “INSTANT MESSAGING”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: