19
May
10

MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Pandangan hidup seseorang merupakan cita-cita dan harapan seseorang dalam menginginkan sesuatu yang lebih baik. Pandangan hidup merupakan suatu yang di pegang teguh oleh manusia untuk menjalankan hidup kearah depan. Setiap manusia memiliki pandangan hidup yang berbeda dengan manusia lain karena pandangan hidup manusia memiliki jalan nya masing-masing.

Setiap manusia mempunyai  pandangan hidup.  Pandangan hidup  itu bersifat  kodrati  karena  ia menentukan masa depan seseorang.  Pandangan hidup artinya pendapat  atau pertimbangan yang dijadikan pegangan,  pedoman, arahan,  petunjuk hidup di  dunia.  Pendapat  atau pertimbangan  itu merupakan hasil  pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Dengan demikian pandangan hidup itu bukanlah timbul seketika atau dalam waktu yang singkat saja, melainkan melalui proses waktu yang lama dan terus menerus, sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kenyataannya.  Hasil   pemikiran   itu   dapat   diterima   oleh   akal,   sehingga   diakui   kebenarannya.  Atas   dasar   itu  manusia menerima   hasil   pemikiran   itu   sebagai   pegangan,   pedoman,   arahan,   atau   petunjuk   yang   disebut   pandangan   hidup.

Manusia yang memiliki pandangan hidup yang berbeda akan berusaha menciptakan keinginan nya sendiri tanpa menghiraukan orang lain seperti terorisme di Indonesia yang dilakukan oleh kelompok militan Jemaah Islamiyah yang berhubungan dengan al-Qaeda ataupun kelompok militan yang menggunakan ideologi serupa dengan mereka. Sejak tahun 2002, beberapa “target negara Barat” telah diserang. Korban yang jatuh adalah turis Barat dan juga penduduk Indonesia. Terorisme di Indonesia dimulai tahun 2000 dengan terjadinya Bom Bursa Efek Jakarta, diikuti dengan empat serangan besar lainnya, dan yang paling mematikan adalah Bom Bali 2002.Terorisme memiliki pengaruh kuat terhadap masyarakat, terutama jika dipublikasikan secara ekstrem oleh media cetak atau elektronik. Aksi kerusuhan tertentu sangat menarik dalam penayangan televisi.

Apabila dengan siaran langsung dari tempat kejadian, jutaan pemirsa ikut mendengarkan, bahkan melihat teroris mengajukan tuntutan atau bereaksi. Aksi teroris modern berbeda dengan masa lalu, banyak masyarakat tak berdosa ikut menjadi korban. Aksi teroris selalu mengikuti perubahan zaman. Beberapa negara di dunia menyatakan diri perang melawan terorisme, tetapi terorisme tetap hidup dan ancamannya semakin menakutkan. melawan teroris hanya dapat dimenangkan melalui langkah-langkah komprehensif dan seimbang sepenuhnya, sejalan dengan tujuan dan prinsip Piagam PBB dengan meletakkan pondasi hukum yang dapat melindungi baik kepentingan publik maupun hak-hak azasi manusia, ditambah dengan melakukan peningkatan kerjasama dengan negara-negara lain baik dari Asean, Australia, Jepang dan negara-negara maju lainnya yang memiliki kemampuan teknologi modern.

Selain kerjasama antar aparat dan antar negara yang juga perlu ditingkatkan adalah kinerja lembaga Intelejen Negara yang akhir-akhir ini dianggap masih lemah, penanganan terhadap masalah terorisme membutuhkan kualitas dan kapasitas Intelejen yang tinggi untuk dapat mengungkap pelaku dan motif dibalik aksi terorisme, serta akar permasalahan yang mendasarinya oleh sebab itu pemerintah diminta meningkatkan efektifitas kinerja Lembaga Intelejen Negara dengan melakukan kerjasama dan koordinasi


0 Responses to “MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: