19
May
10

MANUSIA DAN KEADILAN

keadilan merupakan nilai kasamaan yaitu setiap manusia harus memiliki sikap adil. Keadilan berarti harus diciptakan agar terjadi keserasian hidup antar umat manusia agar tidak ada sikap saling mecela terhadap sesame dan terjadi kerukunan hidup. Keadilan menurut  Aristoteles adalah kelayakan dalam  tindakan manusia.  Kelayakan diartikan sebagai   titik  tengah antara kedua ujung ekstrem yang terlalu banyak dan terlalu sedikit. Kedua ujung ekstrem ini menyangkut dua orang atau benda. Bila kedua orang tersebut mempunyai kesamaan dalam ukuran yang telah ditetapkan, maka masing-masing orang harus memperoleh benda atau hasil yang sama, kalau tidak sama, maka masing – masing orang akan menerima bagian yang tidak sama, sedangkan pelangggaran terjadap proporsi tersebut disebut tidak adil.

Keadilan dalam hal hokum ini seperti kasus Susno Duadji yang lahir di Pagar Alam, Sumatera Selatan, 1 Juli 1954; umur 55 tahun adalah mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Kabareskrim Polri) yang menjabat sejak 24 Oktober 2008 hingga 24 November 2009. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Kapolda Jawa Barat.

Kasus Susno Duaji Vs Mabes Polri, berbumbu balas dendam. Kronologi kasus Susno Duadji versus Mabes Polri sendiri berawal dari kehadiran Susno Duadji menjadi saksi meringankan bagi kasus Antasari tanpa meminta izin resmi pada atasanya mantan kabareskrim yang disinyalir ikut merekayasa kasus bibit dan candra ini diganjar sanksi, tidak main2 disamping seluruh fasilitas seperti ajudan dan supir yang tadinya melekat pada susno ditarik.Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Pol Susno Duadji membantah ikut terlibat dalam pencairan dana nasabah Bank Century atas nama Budi Sampurno senilai 18 juta dollar AS. Menurut Susno, yang berhak mencairkan dana nasabah adalah Bank Century sendiri dan bukan Polri. Susno dijerat pasal 310 dan 311 KUHP mengenai pencemaran nama baik dan penghinaan Brigadir Jenderal Edmon Ilyas dan Brigadir Jenderal Raja Erizman. Susno dinilai telah menyebarluaskan melalui media massa tentang keterlibatan dua Jenderal Bintang Satu itu. Seperti diketahui, inisial Raja Erizman disebut Susno dalam kasus misteri dana pajak Rp 25 miliar yang dimiliki pegawai pajak Gayus Tambunan. Masalah yang dialami Mantan Kabareskrim Polri, Komjen Pol Susno Duadji tampaknya akan panjang dengan statusnya sebagai tersangka gara – gara menguak praktek mafia hukum di tubuh Polri. Susno Duadji emngaku dirinya telah ditetapkan menjadi tersangka oleh Polri.

Semestinya pemberantasan kasus mafia kasus dan yang lain nya tidak sampai  hanya berhenti disitu saja harus diungkap dengan terbuka pada masyarakat. Karena masyarakat pun ingin tahu semua kasus yang di bongkar oleh Susno agar semuanya menjadi terbuka dan di hukum secara adil aleh pihak yang berwajib.


0 Responses to “MANUSIA DAN KEADILAN”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: