29
Mar
10

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Manusia merupkaan makhluk sosial yang saling terkait dan tidak dapat hidup sendiri  serta saling membutuhkan satu dengan yang lain. Kehidupan manusia dapat berubah-ubah seiring dengan perkembangan zaman. Terdapat satu unsur dalam kehidupan manusia yang tidak dapat dipisahkan yaitu kebiasaan manusia itu sendiri, dalam hal ini manusia selalu ingin menjadi yang terbaik dari yang lain. Oleh karenanya mereka mengembangkan sesuatu dari akal pikirannya yang dapat membuat mereka menjadi lebih baik dan lebih maju. Kebiasaan tersebut timbul dan menyebar dari satu manusia kemanusia yang lain. Kehidupan merekapun akan cenderung berpihak pada kebiasaan tersebut dan membudaya.

Kebudayaan merupakan unsur-unsur yang terkait dengan kemampuan manusia dalam berpikir dan mengembangkan sesuatu yang memiliki nilai dan unsur yang baik bagi kehidupan manusia itu sendiri. Dalam perkembangannya kebudayaan memiliki suatu daya saing bagi kehidupan manusia, karena suatu kebudayaan yang mamiliki unsur yang lebih baik dan lebih maju dapat mempengaruhi suatu kebudayaan lain yang mamiliki unsur yang dianggap kurang bagi manusia tersebut. Unsur-unsur yang kurang tersebut akan dapat dipenuhi dengan meniru kebudayaan lain yang labih maju. Manusia dan kebudayaan merupakan suatu sistem terkait dalam menjalan kan suatu kehidupan. Suatu kebudayaan yang diciptakan dengan ekspresi jiwa manusia dapat dikembangkan sesuai dengan perkembangan jaman akan tetapi kebudayaan yang memiliki unsur religi tidak dapat dirubah karena merupakan ketentuan sang pencipta manusia. Manusia yang cenderung berubah-ubah dalam berbudaya dan tidak memiliki pendirian yang teguh maka bukan tidak mungkin mausia tersebut akan terjebak dengan kebudayaan yang lain yang memiliki unsur negatif bagi dirinya.

Dalam perkembangannya manusia selalu menciptakn sesuatu yang dapat mempengaruhi manusia lain melalui unsur-unsur bersifat menarik. Tidak lepas dari hal tersebut dalam perkembangannya manusia selalu menciptakn dan membutuhkan kebudayaan. Di jaman globalisasi seperti ini manusia sangat membutuhkan kebudayaan yang serba canggih dan bersifat praktis, namun perlu disadari oleh manusia tersebut karena kebudayaan yang terlalu memikat tersebut dapat mempengruhi dan merubah kebudayaan mereka sendiri dan cenderung meninggalkan kebudayaan yang telah diciptakan oleh nenek moyang manusia tersebut. Akibat nya kebudayaan merekapun terlupakan dan terpengaruh oleh kebudayaan yang lebih maju.

Manusia seharusnya mengikuti perkembangan jaman dan tidak meninggalkan unsur-unsur kebudayaan yang telah dimilikinya karena bagaimanapun kebudayaan tersebut merupakan warisan nenek moyang yang harus tetap di jaga kemurniannya. Dan manusia harus tetap berkembang seiring dengan kemajuan jaman dengan tidak meninggalkan kebudayaan mereka sendiri.


0 Responses to “MANUSIA DAN KEBUDAYAAN”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: